Kamis, 26 Oktober 2017

Gerakan Literasi Sekolah



Literasi sangat menunjang dalam kemajuan pendidikan di sekolah dan secara umum akan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan kegiatan literasi ini budaya yang sudah terjadi dan berlangsung dengan kebiasaan lama akan berubah dengan pola dan budaya baru serta meningkatkan minat baca baik buat siswa maupun Guru dan Tenaga kependidikan di sekolah.
Gerakan Literasi akan membuka wawasan dan menambah ilmu pengetahuan bagi siswa di sekolah hingga ilmu yang diperoleh tidak hanya didapatkan didalam kelas, namun kegiatan membaca bisa diperoleh dengan dilakukan di luar kelas.  Intinya kebiasaan yang sering dilakukan ini akan merubah pola lama hingga kebiasaan itu juga membangkitkan minat dan hobi baca bagi lingkungan sekolah.
Bagi guru, kegiatan literasi ini akan menumbuhkan minat baca yang pada akhirnya akan menjadikan kebiasaan membaca serta membangkitkan minat untuk menulis, baik menulis untuk diri sendiri dan orang lain. Kegiatan menulis bagi seorang guru merupakan kegiatan yang harus digalakkan untuk meningkatkan keahlian seorang guru dalam meningkatkan kompetensi seorang guru dalam bidang menulis.
Guru adalah seorang yang tidak pernah berhenti untuk belajar, membaca serta menulis.  Ketiga kemampuan itu tidak bisa dipisahkan dalam kegiatan sehari-harinya. Adapun beberapa manfaat dari kegiatan menulis ini bagi seorang guru yaitu :
  1. Menulis menjadi media untuk mengembangkan ide, gagasan dan pemikiran berbagai hal.
  2. Menulis merupakan media untuk mengembangkan kemampuan  guru dalam memecahkan masalah.
  3. Menulis bermanfaat untuk kelancaran kenaikan pangkat guru, baik disekolah negeri maupun swasta.
  4. Menulis bermanfaat untuk mengembangkan materi atau bahan ajar pelajaran yang diembannya.
  5. Tulisan yang dibuat guru akan menjadi investasi bagi dirinya untuk kepentingan akhirat.
  6. Menulis akan mengikat pengetahuan yang dimiliki oleh penulis itu sendiri.
  7. Menulis merupakan bagian dari pertanggungjawaban profesi terhadap stakeholder-nya.
  8. Menulis juga dapat mengantarkan penulisnya sebagai jutawan.
  9. Menulis akan mengantarkan penulisnya sebagai seorang yang terkenal.
Demikianlah sekilas tentang Kegiatan Literasi dan keterkaitannya dengan guru dalam meningkatkan kemampuannya dalam hal menulis. Semoga bermanfaat.



sumber : Bagaimana Menjadi Guru Penulis (Cepi Triatna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Biodata Diri

 DAFTAR RIWAYAT HIDUP DATA PRIBADI  Nama Lengkap : Bherrio Dwi Saputra S.Pd, M.Pd  Tempat, Tanggal, Lahir : Sragen, 18 September 1994  Jenis...