Senin, 06 November 2017

Pendidikan di Pelosok Negeri

Gambar terkait
Pendidikan Di Pelosok Negeri? Ada Banyak Cerita Inspiratif Yang Bisa Kita Gali Di Sini – Pendidikan. Apa yang terbesit di pikiran anda saat mendengar kata yang satu ini? Mungkin tumpukan buku-buku di lemari, papan tulis, ruang kelas yang nyaman, guru, murid, kampus, atau universitas terkenal yang turut menjadi penyokong eksistensi sebuah pendidikan di negeri ini. Memang, pendidikan adalah tolok ukur kemajuan sebuah negara.
Ya, melalui pendidikan, generasi mudanya akan dididik untuk menggapai masa depan. Memakmurkan tanah kelahirannya dengan kemampuan yang ia bisa. Melindungi, menjaga, dan setia dengan tumpah darahnya meskipun harus bertaruh nyawa. Segamblang itukah definisi pendidikan yang ada di indonesia? Nyatanya tidak.
Definisi pendidikan yang ada di atas mungkin adalah pemikiran yang muncul dari antusiasme anak-anak di kota. Yang bisa sekolah dan kuliah dengan fasilitas mumpuni serta akses yang mudah tanpa halangan. Guru yang memadai juga leluasa untuk berkomunikasi dengan guru-gurunya tentang segala keluhan rusaknya fasilitas atau kurangnya buku-buku ilmu pengetahuan.
Namun pernahkah anda berpikir tentang nasib pendidikan anak-anak indonesia yang tinggal di pelosok negeri? Kita patut bersyukur karena mendapat pelayanan pendidikan yang mudah dan mumpuni dari pemerintah. Tapi lain ceritanya dengan masa depan bangsa indonesia yang tinggal di pelosok sana. Berbatasan dengan negara tetangga yang kaya seperti malaysia dan singapura, nyatanya semakin membuat mata dunia tahu bahwa kesenjangan pendidikan yang ada di indonesia masih jadi problema yang minim solusi.
Bicara soal pendidikan yang minim fasilitas di pelosok negeri, sudah sepantasnya kita sadar bahwa pendidikan adalah jalan mengubah tatanan sebuah negara. Pendidikan mengajarkan pola pikir yang logis dan etis pada generasi bangsa. Jadi, siapapun anda. Yang tengah membaca artikel ini. Entah anda pelajar, mahasiswa, ataupun orang tua yang sedang menyekolahkan anaknya. Mari buka mata kita sekali lagi. Pendidikan adalah syarat mutlak untuk menjaga eksistensi manusia dan kemakmurannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Biodata Diri

 DAFTAR RIWAYAT HIDUP DATA PRIBADI  Nama Lengkap : Bherrio Dwi Saputra S.Pd, M.Pd  Tempat, Tanggal, Lahir : Sragen, 18 September 1994  Jenis...